Media Informasi Dan Hiburan

PEKAN GAWAI DAYAK X KAB SINTANG 2023 DIMINATI PENGUNJUNG

Sintang//TheKalimantanpost.Com

“Adil Ka Talino Bacuramin Ka Saruga Basengat Ka Jubata – Arus Arus Arus
Betungkat Ke Adat Basa Bepegai Ke Pengatur Perkara – Auk Auk Auk
Tabek Salamat Tahto Motong Hulah Bolum – Tuu…uuk.”

Pekan Gawai Dayak (PGD) X kabupaten sintang 2023 telah dilaksanakan dari tanggal 6 s/d 10 juli 2023 lalu. Semua pelaksanaan PGD X Sintang 2023 ini dipusatkan pada Rumah Betang Dayak “Tampun Juah” Sintang, beralamat di jl. Sintang-Putussibau, Desa Jerora 1 , Kec.Sintang. Kegiatan PGD Sintang tahun 2023 ini, diawal dengan Adat Ritual dari Suku Dayak Kebahan Kecamatan Kayan Hulu (Tebidah) pada hari rabu pagi (5/7/2023), dan sore hari nya pada pukul 17.00 wib diadakan Misa dipimpin Vikjen Keuskupan Sintang Pastor Leonardus Miau,Pr, bersama Pastor Yohanes Pranoto,Pr dan Pastor Heman Yosef,Pr. Saat misa berlangsung Rumah Betang dipenuhi masyarakat Dayak Sintang, panitia, pejabat-pejabat OPD Sintang dan anggota DPRD kab sintang. Misa berjalan hikmat dengan iringan koor dari umat Katolik stasi Jerora 1 Paroki Kristus Raja Katedral Sintang.
Panitia PGD X Sintang 2023 mengangkat Tema “Dayak Bersatu, Dayak Maju, Dayak Bermartabat, Siap Menjadi Bagian dari IKN”. Pembukaan PGD X Sintang 2023 dibuka pada hari Kamis 6/7/2023 pukul 09.00 wib oleh Bupati Sintang dr. Jarot Winarno.MMed.PH dan wakil Bupati Sintang Melkianus,S.Sos, bapak Lasarus,S.Sos.M.Si Ketua komisi V DPR RI. Turut hadir Wakil Bupati Melawi Drs.Klusen, Sekjen MADN Drs.Yakobus Kumis,MH, ketua DAD Provinsi Kalbar Drs,Kornelis Kimha,M.Si, Ketua DPRD Kab.Sintang F.Rony, Ketua DAD Kab.Sintang Jeffray Edward,SE,M.Si, Sekretaris DAD kab Sintang Drs.Ensawing, Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdia,SIK.M.Sc, Kasdim 1205 sintang Mayor Inf. Andreas, unsur Forkompimda Sintang lainnya, Ketua panitia Abdul Supriyadi,SH,M.Si dan Sekretaris Agustinus RJ, SH, anggota DPRD kab.Sintang, kepala OPD dilingkungan Pemda Sintang, tokoh adat, tokoh agama, perwakilan ormas Dayak sintang dan kalbar, ormas keagamaan yang ada di sintang, serta perwakilan kerabat kesultanan Al-mukarramah Sintang.
Saat memasuki lokasi Betang Dayak Tampun Juah Sintang, Bupati sintang dan Ketua Komisi X DPR RI Lasarus beserta tamu undangan lainnya disambut dengan ritual adat Hopong Suku Dayak Kebahan kecamatan Kayan Hulu (Tebidah) dan seijin Bupati Sintang, Lasarus melakukan pemotongan Hopong. Dalam Sambutannya Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan, bahwa sintang adalah “Rumah Bersama” semua elemen masyarakat diberikan ruang untuk menjaga dan mewarisi tradisi adat budayanya, dan salah satu nya adalah GAWAI DAYAK ini tegas Jarot. Pemerintah daerah Kab.Sintang sangat mendukung moment Gawai Dayak ini tutur Jarot.
Dihadapan ribuan warga masyarakat dan tamu undangan di pembukaan PGD X Sintang 2023, Lasarus S.Sos.M.Si ketua komisi V DPR RI mengatakan dirinya siap membantu penanganan infrastruktur rumah betang, termasuk halaman rumah betang Tampun Juah yang masih dalam kondisi berlumpur (becek), yang penting Pemda Sintang juga ikut bertanggung jawab, tegas Lasarus. Saya pribadi bisa membereskan semua kekurangan yang ada di Rumah Betang ini, ungkapnya, cuma kan dimana tanggung jawab pemda Sintang, maka kita harus berbagi lah untuk menutupi semua kekurangan dan keperluan dalam penataan rumah betang kita ini, DAD Sintang harus ikut ambil bagian juga, ungkap Lasarus. Ketua DAD Kab Sintang, Jeffray Edward,SE,M.Si mengatakan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpastisipasi dalam pelaksanaan Gawa Dayak X Sintang tahun 2023 ini
Ketua panitia Abdul Supriyadi,SH,M.Si mengatakan bahwa pada PGD X sintang 2023 ini ada berbagai kegiatan yang disuguhkan panitia, yakni Seminar Nasional Pekan Gawai Dayak X Sintang 2023, lomba masakan khas (kuliner) Dayak, Sintang, lomba tato Dayak, lomba melukis Perisai, Lomba Pangkak Gasing, Lomba menumbuk padi, lomba Tari Kreasi Dayak, Lomba Safek, Lomba fashion show anak-anak, Lomba menangkap babi, serta Pemilihan Bujang dan Dara Gawai Dayak X Sintang 2023. Selain itu selama PGD X Sintang 2023 ini, di lokasi betang Tampun Jauh juga dipenuhi warung lapak yang menyediakan masakan khas (kuliner) Dayak , serta stand Galeri yang memamerkan karya seni budaya Dayak yang ada di sintang dan kalbar. Semua kegiatan berjalan lancar, walaupun hujan mengguyur rumah Betang Tampun Juah, tetap tidak mengurangi animo masyarakat siang dan malam selalu memadati lokasi Gawai Dayak Sintang X tahun 2023 ini, ungkap Abdul supriyadi yang saat ini telah dilantik ,menjadi kepala BPBD kabupaten Sintang. Terima kasih kepada semua rekan panitia yang sudah bekerja keras siang dan malam tanpa lelah untuk menyukseskan PGD Sintang X tahun 2023 ini. Kepada aparat TNI Polri, POLPP, Dinas Perhubungan kab Sintang, PLN ranting sintang, Damkar Sintang, PDAM sintang, Bank yang ada di sintang, investor, agen Honda, Gudang Garam, CU Keling Kumang, CU BIMA, para donator, kami atas nama panitia PGD X Sintang tahun 2023 mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya semua pihak yang sudah terlibat, Hanya Jubata – Petara – Hotalak yang membalas budi semuanya, tutur ketua pantia PGD X Sintang 2023.
Penutupan Gawai Dayak X Sintang 2023 oleh Wakil Bupati Sintang Melkianus,S.Sos (senin malam 10/7/2023). Pada malam penutupan PGD Sintang 2023, dihadapan kurang lebih 5000 penonton dan tamu undangan yang hadir, telah dibacakan Rekomendasi hasil seminar Pekan Gawai Dayak X tahun 2023 oleh Moderator seminar bapak Victor Emanuel,SH,MH,CLA yang didampingi Ketua Tim Perumus ibu Dr. Genopepa Sedia,SH,MH dan Koordinator Seksi Seminar PGD X sintang 2023, bapak Michell Eko Hardian,SH,MH (kandidat doktor ilmu hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta jateng. Rekomendasi hasil seminar PGD X Sintang 2023 ini diserahkan kepada DAD kab Sintang untuk di sampaikan kepada Pemerintah RI,DPR RI dan DPD RI, Pemda Provinsi kalbar dan DPRD kalbar, Pemda Kab.Sintang dan DPRD kab.Sintang dengan tembusan kepada Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), DAD Provinsi kalbar, serta DAD kabupaten / kota se-provinsi kalimantan barat. Pengelola Rumah Betang Tampun Juah Sintang adalah Dinas Pemuda Olah Raga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kabupaten Sintang. Harapan semua pihak untuk Gawai Dayak XI Sintang tahun 2024, maka Lokasi betang sudah tertata, dan harus lebih dari tahun 2023 ini, pertahankan yang sudah baik, dan perbaiki yang belum teratasi. (laporan tembawai kelohkak-VE)