DAERAH  

Warga Desa Tempurukan Mulai Terima BLT DD

Ketapang,Thekalimantanpost- Pemdes Tempurukan Kecamatan Muara Pawan,Kabupaten Ketapang mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun anggaran 2020.selasa (09/06/20).

Seperti penyaluran bantuan di beberapa desa lainnya di Kabupaten Ketapang, warga Desa Tempurukam ini juga menerima Bantuan Lansung Tunai sebesar Rp 600 ribu per Kepala Keluarga (KK). Untuk Tempurukan sendiri diketahui ada sekitar 245 KK yang terdaftar untuk menerima BLT DD Tahun 2020 tersebut.

Distribusi BLT tersebut merupakan tindak lanjut atas Permendes PDTT Nomor 6 tahun 2020 dan peraturan perubahan Nomor 11 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2020, dalam upaya penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Berdasarkan Permendes PDTT, bantuan ini selanjutnya disebut Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2020 untuk penanganan dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),”

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Desa Apok Sukrianto dalam sambutan saat mendistribusikan bantuan di halaman Kantor Desa Tempurukan, Selasa, (9/06/2020).

“Untuk Desa Tempurukan sendiri warga yang mendapat bantuan berkisar 245 KK. Namun dalam pembagian bantuan tersebut, ada beberapa masyarakat yang tidak bisa hadir dikarena sakit,” ujar Kepala Desa Tempurukan, Apok Sukrianto.

Untuk itu, Ia menegaskan bahwa penyaluran bantuan itu didahulukan untuk para warga yang datang ke Balai Desa.

“Yang didahulukan ialah warga yang datang ke Balai Desa dulu, warga mengantri mulai pukul 09.00 WIB. Dan untuk yang tidak bisa hadir karena sakit, Saya dan petugas yang terkait mendatangi langsung satu per satu warga untuk menyerahkan bantuan,” beber Apok.

Kita salurkankan BLT – DD ini diprioritaskan bagi masyarakat non- PKH atau yang belum pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah, ” Bukan masyarakat penerima manfaat program keluarga harapan ( PKH ) dan jenis bantuan lain yang pernah diterima,
Selain itu untuk ASN, PNS, dan Pensiunan juga tidak mendapatkan,

Kemudia,Ia mengaku data tersebut sudah diverifikasi kelayakannya, dan berharap bantuan tersebut bisa membantu memenuhi kebutuhan pokok warga Desa Tempurukan yang terdampak pandemi Covid-19.”ungkapnya.

Sementara itu, Rawi warga Rt.010 saat dikonfirmasi terkait penyaluran BLT DD ini, mengaku sangat senang dan merasa terbantu dalam memenuhi kebutuhan di tengah mewabahnya covid-19 saat ini.

“saye sangat senang karena merasa terbantu dan terima kasih kepada pemerintah desa tempurukan serta tim nya dengan bantuan ini, karena dari dampak wabah virus ini segala aktifitas jadi terkendala. Semoga wabah covid-19 ini cepat musnah, supaya kita semua bisa beraktifitas kembali seperti biasa” ungkap salah seorang warga yang biasa  akrab disapa Rawi.

Penulis: Budi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.