WAKIL BUPATI SINTANG PANTAU UJIAN SELEKSI BAKAL CALON KADES TAHUN 2022

 

Sintang//thekalimantanpost.com. Setelah sukses dalam pelaksanaan ujian tertulis yang diikuti 24 Desa dan 188 Bakal Calon Kepala Desa pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Sintang tahun 2021 lalu. Untuk tahun 2022 ini, pada hari Senin (15/8/2022) untuk pilkades serentak Kabupaten Sintang juga telah dilaksanakan seleksi tertulis bertempat di kampus Universitas Kapuas Sintang, untuk bakal calon kades yang diselenggarakan Panitia Seleksi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Sintang.
Untuk ujian tertulis sebagai salah tahapan dari bagian dari proses seleksi bakal calon kades tahun 2022 ini yang diikuti oleh 60 bakal calon kades (seharusnya 61 orang, tapi 1 orang tidak mengikuti). Kegiatan ujian tertulis ini dibagi dalam 2 kelas ( kelas A dan kelas B). Adapun peserta bakal calon kades yang ikut seleksi ujian tertulis ini berasal dari 9 desa dengan rincian ; Desa Setungkup Kecamatan ketungau Hilir, Desa Wirayuda dan Desa Gut Jaya Bhakti kecamatan Ketungau Tengah, Desa Sungai Seria Kecamatan Ketungau Hulu, Desa Topan Nanga kecamatan Kayan Hulu, Desa Buluk Jegara kecamatan Kayan Hilir, Desa Nanga Segulang kecamatan Serawai, Desa Nanga Keremoi dan Desa Nanga Sakai kecamatan Ambalau.
Dasar pelaksanaan Pilkades serentak ini diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 65 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa, kemudian perlu disesuaikan dengan dinamika sosiologis akibat bencana non alam yaitu pandemiĀ Corona Virus DiseaseĀ 2019 sehingga perlu diubah, maka demikian yang menjadi pertimbangan singkat atas Permendagri 72 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendagri 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa itulah yang menjadi regulasinya. Kegiatan ujian tertulis bakal calon kades se-Kabupaten sintang tahun 2002 ini berjalan aman dan tertib, dan kegiatan ini di pantau langsung oleh wakil bupati sintang Melkianus,S.Sos. (ve*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.