Sekda Ketapang Hadiri Gawai Adat Pempagok Jeramek

Ketapang//thekalimantanpost.com

Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo, S.STP.,M.Si. hadiri Kegiatan Gawai Adat Dayak Pempagok Jeramek, pada Sabtu (20/08/2022) bertempat di Dusun Nekdoyan Desa Laman Satong Kecamatan MHU.

Sekda dalam kesempatan tersebut berharap kegiatan Tradisi Pempagok Jeramek ini jangan sampai ditinggalkan.

“Jika ada tradisi leluhur kita, orang tua kita zaman dulu yang rutin harus kita laksanakan kembali misalnya gawai buah atau bersenggayong dan lain sebagainya,” ujar Beliau.

Selain untuk meneruskan tradisi leluhur Beliau menilai kegiatan tersebut bisa menjadi daya tarik untuk wisata budaya karena merupakan suatu yang unik.

“Jangan pernah malu akan adat istiadat budaya tradisi orang tua atau leluhur kita dan kita harus bangga,” tegas Sekda.

Selain itu, Sekda juga mengatakan betapa pentingnya pendidikan, oleh karena itu Beliau berharap agar masyarakat adat di desa laman Satong mendukung penuh anak-anaknya untuk bersekolah setinggi tingginya minimal tingkat SMA bahkan bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi.

“Hal ini dilakukan agar kita mampu bersaing dengan orang yang sudah lebih maju dan supaya tidak terlalu jauh kesenjangan, kita harus sehat, dan jauh dari Narkoba,” pungkas Beliau.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perhubungan, Kabid PMD, BPKAD,, Kasat Pol PP, tokoh adat, dan masyarakat setempat.(sumber Prokopim**kp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.