SEKDA BUKA ACARA GAWAI ADAT DAYAK KE-VIII KECAMATAN SANDAI

Sandai//thekalimantanpost.com

Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo, S.STP., M.Si membuka Kegiatan Gawai Adat Dayak Kabupaten Ketapang ke-VIII, pada Senin (10/10/2022) yang diadakan di kota Sandai.

Gawai Adat Dayak merupakan wujud rasa syukur kepada Duata Perimbang Alam Bumi, Tuhan Yang Maha Esa atas apa yang kita terima sepanjang tahun berupa hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil usaha dan juga kesehatan bagi seluruh warga masyarakat.

Sekda dalam sambutannya mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada panitia dan masyarakat Kecamatan Sandai yang telah bekerja dengan kompak, penuh dengan rasa kekeluargaan.

“Gawai Dayak yang kita Laksanakan ini merupakan event budaya yang dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat adat terhadap warisan budaya leluhur yang patut kita dilestarikan”, ujar Alex.

Alex Willyo yang juga Patih Jaga Pati Kerajaan Ulu Aik,”menyampaikan bahwa gawai Dayak juga menampilkan berbagai macam acara kesenian, perlombaan permainan rakyat dan olahraga tradisional serta pameran produk kerajinan khas Dayak yang dapat menarik kunjungan wisatawan lokal maupun nasional.

“Masyarakat Adat adalah pemilik dan penggerak kebudayaan, pelestarian seni dan budaya yang merupakan tanggung jawab bersama antara Pemerintah dan Masyarakat Adat” terangnya.

Lebih lanjut Sekda mengatakan  bahwa Pemkab Ketapang memberikan kesempatan yang sama kepada paguyuban, etnis dan komunitas budaya di Kabupaten Ketapang untuk berpartisipasi dalam pelestarian dan pengembangan budaya daerah agar tetap lestari dan terus berkembang.

“Sebagai wujud perhatian terhadap pelestarian budaya, daerah maka setiap tahun anggaran pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengalokasikan anggaran fasilitas pelaksanaan seni dan budaya di Kabupaten Ketapang”, jelasnya.

“Salah satunya adalah Gawai Adat Dayak Kabupaten Ketapang yang ke-VIII tahun 2022 ini yang kita laksanakan di kecamatan sandai”, imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Raja Hulu Aik Laman Sembilan Domong Sepuluh Petrus Singa Bansa,Ketua DAD Ketapang ,Polres Ketapang, Dandim 1203 Ketapang, Danlanal Ketapang ,Ketua DPRD Ketapang, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Para Ketua Paguyuban Etnis, Para Domong Adat, dan undangan lainya.**kp

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.