Pesan Wabup Kepada para Satri

 

Thekalimantanpost.com, Ketapang – Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Tilawatil Qur’an menyelenggarakan wisuda para santrinya di aula Dinas Pertanian dan Pertenakan (Distanak) Ketapang, Minggu (4/4). Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, Farhan. Beliau juga menyampaikan kata sambutan diantaranya berisi pesan-pesan kepada para santri.

Diantara pesannya yakni agar para santri taat dan patuh pada pemimpin, guru dan orang tua. Serta terus meningkatkan prestasi belajar agar menjadi anak yang shaleh dan salehah. Sehingga berguna bagi diri sendiri, keluarga, lingkungan, daerah serta bangsa dan negara.

Wabup berharap agar para santri selain belajar membaca Alquran. Tapi juga memperdalam dan memahami isi kandungan Alquran serta mengamalkannya. Dalam hal ini menurutnya peran TPQ sangat penting sebagai tempat anak-anak belajar.

“TPQ merupakan satu di antara tempat mendidik dan mebina anak untuk memperdalam isi kandungan Alquran,” ucap Wabup saat menyampaikan kata sambutannya pada acara wisuda tersebut.

Ia menambahkan bahwa kegiatan wisuda santri ini tentu mempunyai arti penting. Di antaranya membentuk kepribadian anak dalam kehidupan beragama. Serta memotivasi santri agar terus belajar meningkatkan ilmunya ke jenjang lebih tinggi.

Farhan mengungkapkan saat ini TPQ telah tumbuh dan berkembang Hingga di desa-desa. Bahkan ada peningkatan dari cara pengajaran membaca dan memahami isi ajaran Al-Qur’an. Ia senang setiap tahun jumlah santri khususnya di Ketapang terus semakin bertambah.

Hal tersebut menunjukkan kesadaran orangtua memberikan pendidikan agama pada anak-anaknya. Menurutnya peran orangtua sangat penting dalam meningkatkan pendidikan anaknya. Lantaran pendidikan merupakan tanggungjawab bersama bukan hanya pemerintah atau sekolah.

Hal ini tentu sangat bagus karena bangsa butuh generasi berilmu dan beragama. “Bangsa kita memerlukan generasi muda menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Tetapi harus diimbangi dengan pengetahuan dibidang keagamaan,” ujarnya.

Pada wisuda tahfidz Qur’an TPQ Tilawatil Qur’an ini diikuti tujuh santri ditingkat TKA. Kemudian ditingkat TPA 18 santri, tingkat TQA 1 juz 10 santri dan 2 juz sebanyak dua santri. (bnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.