DAERAH  

Pemkab Ketapang Salurkan Bantuan Untuk Masjid dan Ponpes

Bupati Ketapang Martin Rantan,SH,.M.Sos. menyerahkan bantuan yang di terima oleh pengurus Masjid

Ketapang, Thekalimantanpost- Bupati Ketapang Martin Rantan menyerahkan bantuan sosial berupa beras untuk membantu warga yang kurang mampu disaat pandemi Covid-19, dan hibah kesejumlah masjid, pondok pesantren, rumah ibadah, dan KONI Ketapang, pada (20/5/2020) kemarin.

Bantuan itu pun diserahkan secara simbolis oleh Bupati Ketapang berupa uang tunai Rp 1.250,000,000,- untuk kelanjutan pembangunan masjid juga beras yang diterima ketua pengurus masjid H Darwin Abbas Darul Hikmah Kelurahan Banjar, Ketapang.

Sekertaris Daerah, Farhan menjelaskan tujuan kedatangan Bupati berserta rombongan dalam rangka memberikan bantuan hibah dari Pemkab Ketapang. Yang mana diakui Farhan dalam pemberian hibah akhir-akhir ini tidak semudah pemberian hibah seperti tempo dulu.

Menurut Farhan berdasarkan Permendagri nomor 32 tahun 2016  tentang pemberian hibah dan Bansos, diharuskan satu tahun sebelumnya pemberian hibah dan bansos diberikan proposal sudah diterima Pemkab Ketapang.

“Jadi 1 tahun yang lalu proposal masjid darul Hikmah ini sudah masuk pada tahun 2019, proposal yang masuk dilakukan verifikasi dan evaluasi pertimbangan tim tehnis,” ujarnya.

Tidak hanya itu, diterangkan Farhan, selanjutnya pemberian bansos dan hibah juga prosesnya dilakukan melalui aplikasi elektronik, E-hibah, dan perlakuan itu semua sama terhadap bantuan sosial kepada rumah ibadah dan masjid-masjid yang lain di Kabupaten Ketapang.

“Selanjutnya, ketentuan yang berlaku dalam pemberian hibah tidak boleh secara terus menerus pada tempat yang sama,” ujarnya.

“Terus menerus itu kalau Masjid Darul Hikmah ini sudah dapat tahun ini, tahun 2021 tidak boleh lagi dapat hibah. Nanti pada tahun 2022 kalau ada keperluan bisa diusulkan kembali,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Farhan menambahkan, Bupati juga akan menyerahkan bantuan beras sebanyak 1 ton, dimana sebelumnya Masjid Darul Hikmah telah dijadwalkan untuk mendapatkan kunjungan safari ramadan.

“Tetapi karena saat ini ada pandemi Covid-19, sehingga ada intruksi untuk tidak berkumpul ramai-ramai, sehingga kami memutuskan dana untuk safari ramadan itu kita geser untuk pembelian beras yang disalurkan kepada masjid-masjid yang sudah dijadwalkan untuk mendapat kunjungan safari ramadan,” terang Farhan.

Penyerahan bantuan secara simbolis selain Sekda, juga turut dihadiri Asisten II Setda Drs Marwan Noor, Asisten III Setda Drs Heronimus Tanam, ME, Kepala BPKAD, Alexander Wilyo.S.Tp, Para Kabag, Camat Benua Kayong, yang mendampingi Bupati dalam memberikan bantuan sosial kepada Masjid, Pondok Pesantren, Rumah Ibadah dan Organisasi lainnya.

Penulis : budi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.