Kunker Gubernur Kalbar di Sintang

Thekalimantanpost.com.//Sintang;

Gubernur Kalimantan Barat, H.Sutarmidji, SH,M.Hum lakukan kunjungan kerja ke kabupaten sintang pada
(selasa,2/11/2021). Sebagaimana jadual yang diterima redaksi, kungker orang nomor 1 kalbar yang biasa disapa Bang Midji ini, untuk; melihat bencana banjir yang sudah sepekan lebih menyelimuti 12 Kecamatan dari 14 kecamatan di Kabupaten Sintang, meninjau pelaksanaan vaksinasi covid 19 di Kampus Univeritas Kapuas Sintang, lokasi pembangunan kantor Gubernur Provinsi Kapuas Raya di Jl.Lintas Sintang-Putussibau (Museum Kapuas Raya) di wilayah Desa Jerora 1 sintang Kec.Sintang, meninjau tempat pengungsian korban banjir, meninjau dapur umum untuk korban banjir Sintang, dan selanjutnya rombongan menuju wilayah Kabupaten Melawi.

Dari pantauan lapangan, kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan dinas Kesehatan kab. Sintang dan Tim Satgas Covid 19 (selasa 2/11/2021) berlangsung di kampus Universitas Kapuas Sintang Jl.Y.C Oevang Oeray,merupakan “Gebyar Vaksinasi Prizer Dosis 1. Kegiatan vaksinasi covid 19 ini, menurut Rektor Unka Sintang, Dr.Antonius,S.Hut.MP menerangkan sudah yang ke 6 kali nya kampus kita menjadi lokasi pemberian vaksin, dan itu sudah menjadi komitmen kita selaku lembaga pendidikan tinggi yang berada di kawasan timur kalbar dalam rangka mendukung program pemerintah untuk ikut terlibat secara aktif dalam penanggulangan dan pencegahan wabah covid 19 yang sejak maret 2020 lalu hingga saat ini terjadi di Indonesia.

Setiba di depan Kampus Universitas Kapuas Sintang, Gubernur Kalimantan Barat beserta pejabat perangkat daerah pemda Prov.kalbar, disambut rektor, wakil rektor, pejabat, dosen dan staf dilingkungan Unka sintang, Ketua Yayasan Melati Sintang, Kadis Kesehatan Sintang, langsung menemui warga masyarakat yang sudah antrian untuk menerima vaksin, dan mengamati para tenaga kesehatan yang sedang melayani pemberian vaksin. Turut hadir mendampingi rombongan Gubernur, PLH Bupati Sintang Dra. Yosepha Asnah, Ketua DPRD Florensius Ronny, para pejabat di lingkungan Pemda Kab.Sintang, pejabat TNI dan Polri di Kabupaten Sintang. Sambil menelusuri areal kampus Unka Sintang dan meninjau proses pembangunan gedung baru Rektorat dari APBD 2021 pemda kab Sintang, Gubernur kalbar menuju ke gedung Rektorat Unka yang kurang lebih 20 tahun berdiri. Sambil berdialog dengan segenap civitas akademika Universitas Kapuas Sintang, saat bersamaan di depan Rektorat Unka, Gubernur kalbar menerima dan menyambut baik usulan proposal yang disampaikan oleh oleh Rektor. Menurut Rektor Unka, usulan yang disampaikan adalah pembangunan Gedung Perpusatakan Unka, karena selama ini perpustakaan kami masih menggunakan ruangan yang satu bangunan dengan gedung rektorat, ungkap rektor, dan kami berharap Gubernur Kalimantan Barat bisa merealisasikan usulan kita ini guna kemajuan Universitas Kapuas Sintang, ungkapnya.

Kadis Kesehatan Kabupaten Sintang, dr.Harysinto Linoh,MM mengatakan bahwa vaksinasi hari ini merupakan Gebyar vaksinasi Pfizer dosis 1 dan sinovac dosis 2, dikatakannya hari ini sebanyak 700 warga masyarakat yang kita vaksin, terdiri dari 550 orang vaksin sinovac dan 150 orang vaksin Pfizer. Saat ini kondisi pandemi covid 19 di wilayah kabupaten Sintang masuk level 3, yang artinya jika berdasarkan rekomendasi WHO, menunjukkan angka kasus positif covid 19 antara 50-150 per 100 ribu penduduk dalam seminggu, yang rawat inap di rumah sakit anatar 10-30 orang per 100 ribu penduduk per minggu, dan angkat kematian bekisar 2-5 kasus per 100 ribu penduduk di suatu daerah). Hingga saat ini, data sementara sasaran total yang sudah mendapat vaksin di kabupaten sintang sebanyak 29.8511 dengan rincian; vaksinasi 1 sebanyak 14.6657 dan vaksinasi 2 sebanyak 73.332. Dikatakan Sinto masyarakat harus tetap patuhi protokol kesehatan dan ikuti vaksinasi lengkap, dan mengingat sintang dalam kondisi banjir, ia menghimbau masyarakat tetap jaga kesehatan, jika ada keluhan kesehatan (sakit) segera hubungi dan datang ke puskemas atau layanan kesehatan yang ada.

Ketua Umum Yayasan Melati Sintang, Kusnidar,S.Sos,MM, sangat mengapresiasi kehadiran Gubernur Kalbar yang hadir di kampus unka guna mengamati langsung vaksinasi covid 19 ini. Niat baik Gubernur kalbar yang mau melihat langsung kondisi infrastruktur kampus unka semoga bisa membawa berkah untuk kita semua, ungkapnya. Kami yakin karena Gubernur kalbar pernah menjadi dosen di fakultas hukum Untan Pontianak tentu beliau sangat peduli dan respon untuk dunia pendidikan tinggi, tentu harapan kami akan lahir kebijakan berdasarkan kewenangan yang dimiliki, sehingga kebijakan dimaksud dapat terealisasi untuk Universitas Kapuas Sintang yang kita banggakan ini, dikatakannya, bahwa Pemda Kabupaten sintang tahun 2021 sudah alokasi bantuan untuk 3 lantai pembangunan gedung utama, kini kita tunggu giliran Pemda Provinsi Kalimantan Barat, ungkap Kusnidar yang merupakan salah satu intelektual asal kawasan perbatasan sintang.

Harapan yang sama muncul dari wakil rektor 2, Kaja,S.Sos.M.Si, dikatakannya, bahwa kabupaten Sintang merupakan kawasan perbatasan di wilayah provinsi kalbar, sepantasnya juga mendapat perhatian, khusus bidang pendidikan tinggi, Unka Sintang sudah melahirkan para alumni yang berkarya di lingkungan pemda kabupaten kota dan badan swasta se-kalbar, selain itu dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi (pendidikan Pengajaran, pengabdian dan penelitian), Universitas Kapuas Sintang sebagai PTS tidak ada bedanya dengan PTN yang ada di kalbar, kami selaku dosen di PTS sama tupoksi nya dengan rekan-rekan dosen di PTN, maka sewajarlah, patut dan pantas pihak Pemerintah, yang dalam hal ini Pemda provinsi Kalbar melalui kebijakan gubernur H.Sutarmidji,SH,M.Hum dapat mengalokasikan bantuan dan fasilitas kepada Univesitas Kapuas Sintang, ungkap Kaja yang merupakan alumni angkatan pertama unka ini. (laporan Victor Emanuel FH Unka Sintang).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.