Kodim 1203/ktp. Latih jajarannya agar siap Saat Bencana Banjir

 

Thekalimantanpost.com, Ketapang – Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Kodim 1203/Ktp memberikan pembekalan cara penggunaan perahu karet atau landing craft rubber (LCR) kepada Babinsa perwakilan setiap Koramil dijajaranya di Makodim 1203/Kt, Jumat (28/5). Tujuannya agar jajaran Kodim 1203/Ktp nantinya selalu siap membantu penangan saat bencana alam terjadi seperti banjir di wilayah masing-masing.

Pasi Ops Kodim 1203/Ktp Lettu Inf Suyatno menuturkan pembekalan ini diikuti oleh perwakilan Babinsa khususnya dari Koramil yang wilayahnya berpotensi banjir atau rawan banjir. Peserta dilatih kembali menggunakan LCR untuk mengantisipasi bencana alam di wilayah binaan masing-masing.

“Hari ini kita latihkan drill bongkar pasang LCR,” ungkap Lettu Inf Suyatno melalui rilis Kepala Tim Penerangan Kodim 1203 Ketapang, Srd Arbuansyah kepada thekalimantanpost.com di Ketapang, Sabtu (29/5).

Ia mengungkapkan selanjutnya dilaksanakan cara mengoperasionalkan LCR sampai membantu evakuasi. Kemudian mencari korban bencana alam di wilayah secara bertahap, bertingkat dan berlanjutan.

Dandim 1203/Ktp, Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta SH MSc mengatakan secara umum latihan drill kali ini bertujuan untuk memeliharan. Serta meningkatkan kemampuan secara perorangan maupun kelompok. Lantaran semia dihadapkan dengan tuntutan profesionalisme prajurit dan kesiapan satuan teritorial menghadapi berbagai macam bencana alam.

“Kita ketahui bersama bahwa bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang dapat mengakibatkan dampak besar bagi masyarakat. Sebab itu latihan ini akan rutin kita laksanakan demi terus meningkatkan kemampuan para prajurit Kodim 1203 Ketapang,” jelasnya. (bnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.