DAERAH  

Kapolsek Muara Pawan Ingatkan Kades Soal Kelola Dana Desa, Ini Pesannya.

Ketapang,TheKalimantanpost – Kapolsek Muara Pawan, IPDA Bagus Tri Baskoro
mengimbau para Kepala Desa (Kades ) dan aparat Desa di wilayahnya untuk dapat menggunakannya Dana Desa (DD) dengan tepat sasaran, sehingga dapat dirasakan masyarakat dengan optimal.

Imbauan itu ia sampaikan saat menghadiri rapat koordinasi mengenai penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa bagi masyarakat kurang mampu dan terdampak Covid-19 di Kantor Desa Sungai Awan Kiri, Kecaman Muara Pawan, Senin (22/6/2020).

Menurut IPDA Bagus Tri Baskoro, pihaknya telah berkomitmen untuk melakukan pengawasan secara aktif terhadap penggunaan anggaran dana desa. Komitmen tersebut pun telah ia sampaikan kepada Muspika dan para Kades di wilayahnya.

” Terkait Dana Desa, saya tidak mau mendapat laporan adanya penyelewengan. Apabila ada penyelewengan itu bukan main main bagi saya,” katanya.

Ia menyebut kalau untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyelewengan anggaran dana desa, pihaknya melalui Bhabinkamtibmas disetiap Desa melakukan pengawalan dan pemantaun terhadap anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan. Pihaknya pun juga rutin melakukan evaluasi terhadap penggunaan anggaran dana desa.

” Sementara yang telah kita lakukan penegakan hukum baru satu Desa, yang lainya masih kita lakukan pemantaun. Apa bila mereka melewati yang telah ditentukan, itu pasti menjadi komitmen hukum untuk melaksanakan penindakan,” tegasnya.

Ia juga menyebutkan kalau pengawasan secara aktif itu dilakukan karena angka anggaran dana desa dari pemerintah pusat yang nilainya tidak sedikit itu, perlu digunakan sebaik-baiknya untuk pembangunan di desa, baik itu untuk fisik maupun pemberdayaan, sehingga terhindar dari hal yang tidak diinginkan yang mana bisa masuk ke ranah hukum.

” Kami ucapkan terima kasih kepada para pejabat Desa yang telah melaksanakan komitmen dan mempunyai integritas yang luar biasa terkait dana desa. Dan kami himbau jangan main main dengan dana desa karna ini dari rakyat dan untuk rakyat,” tandasnya.

Penulis: Budi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.