banner 728x250

GAWAI DAYAK SINTANG 2022 DIMERIAHKAN RIBUAN PESERTA PAWAI BUDAYA

banner 120x600

Sintang//thekalimantanpost.com

Adil Ka Talino Bacuramin Ka Saruga Basengat Ka Jubata
Betungkat Ke Adat Basa Bepegai Ke Pengatur Perkara

Dua  (2) tahun masyarakat Dayak untuk tingkat Kabupaten Sintang tidak bisa menyelenggarakan Gawai Dayak. Gawai Dayak  Kab. Sintang terakhir tahun 2019 yang berlansung di komplek Stadion Baning Sintang, dan akibat pandemi covid 19 melanda Indonesia, maka Gawai Dayak Kabupaten yang merupakan  titisan leluhur Dayak juga tidak bisa dilaksanakan di tahun 2020 dan tahun 2021.  Masyarakat Dayak Kabupaten Sintang patut bersyukur kepada Petara/Hotalak (Tuhan Yang Maha Esa), sehingga tahun 2022 ini dapat merayakan Gawai Dayak Ke-IX di Rumah Betang Dayak Kabupaten Sintang.
Persiapan demi persiapan terus dilaksanakan oleh Panitia Gawai Dayak Ke- IX Kabupaten tahun 2022 ini. Pada hari senin (25/7/2022) pukul 15.30 wib di Rumah Betang Dayak Kabupaten Sintang yang berlokasi di wilayah Desa Jerora 1 Jalan Kelam-Sintang, telah dilakukan rapat dan evaluasi kesiapan semua seksi dalam kepanitiaan. Rapat panitia berjalan alot dan dinamis penuh semangat kebersamaan, yang dipimpin langsung ketua panitia Selimin, Wakil Ketua Pahan Aprie, Sekretaris Nikodimus, Bendahara Damkos. Setiap seksi panitia diberikan kesempatan untuk memaparkan progress kesiapan dalam menyukseskan Gawai Dayak Kabupaten Sintang tahun 2022.
Undangan dan susunan acara pembukaan Pekan Gawai Dayak Ke- IX Kabupaten Sintang 2022 telah disiapkan pihak sekretariat. Penataan halaman dan lokasi di Rumah Betang Dayak Kabupaten Sintang sudah final dilaksanakan oleh pihak panitia. Harus diakui Gawai Dayak Kabupaten Sintang tahun 2022 ini sangat dirindukan generasi Dayak Sintang. Acara Gawai Dayak ke IX Kabupaten Sintang tahun 2022 ini dipusatkan di Rumah Betang Dayak Sintang, yang akan dibuka secara seremonial pada hari kamis 29/7/2022, jam 08.30 wib. Setelah Acara Pembukaan, akan dilanjutkan dengan Pawai Budaya sebagai wujud kegembiraan warga Dayak Sintang untuk memeriahkan Gawai Dayak. Jimi Manopo selaku koordinator Pawai Budaya mengatakan, bahwa pawai budaya Gawai Dayak Kabupaten Sintang 2022 ini akan melewati rute, yakni ;  Start dari Rumah Betang Dayak Jerora 1 – Jl.kelam Tugu Beji  – Jl.Y.C.Oevang Oeray Simpang Lima Tugu Adipura – Jl.Lintas Melawi Tugu Jam – Jl.MT.Haryono Tugu Bambu – Jl nuju arah Pantai Kapuas – Jln Tugu Bambu – Jln Nuju Tugu Bambu – Jln Nuju Tugu Jam – Jembatan Melawi/Lintas Melawi – Simpang 5 Tugu Adipura – ke Tugu BI  – Pasar Inpres Sintang – Jln Pangeran Kuning (Nuju Tugu Pangeran Kuning) – Belok kearah kanan nuju Jl.kelam – Tugu Beji – Finish di rumah Betang Dayak Sintang. Dengan rute ini, tidak kurang akan menempuh waktu kurang lebih  2,5 jam, tegas Jimi Manopo. Untuk Peserta Pawai Budaya Gawai Dayak ke IX Kab.Sintang tahun 2022 ini, akan diikuti perwakilan dari 14 DAD Kecamatan, panitia Gawai yang berjumlah kurang lebih 1000 orang. Dan yang yang teristimewah, menurut Petrus Sabang Merah, bahwa pawai Budaya ini juga akan diikuti oleh Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajangk (TBBR) sebanyak 5000 personil, Tegas Petrus (laporan VE humas Pan PGD Sintang IX 2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.