Bupati; Konservasi sangat Penting

 

Thekalimantanpost.com, Ketapang – Saat ini konservasi merupakan hal yang sangat penting dalam penataan kehidupan. Bahkan memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas kehidupan. Hal tersebut langsung ditegaskan Bupati Ketapang, Martin Rantan.

Menurutnya konservasi memiliki makna luas, tidak hanya menjaga hutan namun juga kekayaan di dalamnya. Sejalan dengan itu zaman juga menuntut kita mengembangkan kreativitas. Serta untuk terus mengkampanyekan kegiatan-kegiatan edukasi melalui digital.

“Terlebih pada era ini banyak kalangan kaum milenial yang secara senang tidak senang harus dapat berperan,” kata Bupati saat menyampaikan sambutan pada Seminar dan Kongres YARI di Pendopo Bupati Ketapang, Rabu (7/4).

“Kemudian bertransformasi pemikiran agar dapat bersaing secara terbuka dalam mengembangkan peradaban di antaranya pada bidang konservasi. Kegiatan ini diharapkan menjadi satu diantara cara meningkatkan kemampuan. Serta keahlian dalam edukasi dan inovasi dibidang digital mengikuti perkembangan zaman,” lanjutnya.

Ia menjelaskan hal tersebut lantaran saat ini digital merupakan satu di antara perangkat yang paling efisien. Serta efektif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Sebab jangkauannya yang tidak terbatas, terlebih pada saat pandemi ini.

“Sesuai tema kegiatan ini yakni Era Digital dan Peran Kaum Milenial Dalam Dunia Konservasi di Tengah Pandemi. Maka YARI diharapkan dapat merancang dan menyiapkan perangkat yang dapat digunakan dalam dunia edukasi. Serta penanganan konflik maupun peningkatan kualitas sumber daya manusia yang mumpuni,” tutur Martin.

“Keberadaan YARI di Ketapang sangatlah penting karena para pengurus dan masyarakat di didik dengan berbagai pengetahuan. Serta keterampilan agar bila suatu saat terjadi konflik antara masyarakat dan satwa. masyarakat tak lagi bingung dan canggung dalam penanganan konflik tersebut,” sambungnya.

Sebab itu, Bupati menilai keberadaan YARI jelas membantu Pemerintah dalam menyampaikan edukasi hingga akar rumput. Bahkan tentunya membantu masyarakat dalam hal penanganan konflik. Ia pun sangat mendukung penguatan YARI melalui kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kapasitas keilmuan kepengurusan di dalamnya.

“Hakikatnya kami akan selalu berupaya untuk tetap membantu dan mendorong kemajuan YARI. Saya bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Ketapang berkomitmen untuk mendorong perusahaan. Serta institusi terkait di Ketapang untuk memberikan dukungan kepada YARI ini,” tegasnya. (bnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.