Media Informasi Dan Hiburan

SERAWAI KABUPATEN SINTANG TERENDAM BANJIR

Sintang//thekalimantanpost.com

Serawai-Sintang kalbar. Memasuki awal bulan oktober 2022 ini. Tingkat curah hujan di wilayah kab.Sintang tinggi. Dampak curah hujan ini, mengakibatkan bumi Dara Muning kecamatan serawai terendam banjir. Ribuan rumah penduduk terendam banjir, ungkap Eko Bambang Hartowo,S.Sos,M.Si Kasi Pemerintahan kecamatan serawai. dihubungi melalui whatsaapnya (selasa malam, 4/10/2022), diperoleh informasi ada 10 desa yang terendam banjir, yakni: desa tanjung harapan 984rumah,118KK, ), desa Bedaha (189rumah, 263KK, 540jiwa), desa tanjung raya (325rumah, 364KK, 1.304jiwa), desa nanga mentatai (105rumah,156KK,596jiwa), desa nusa tujuh (76rumah,93KK,387jiwa), desa nanga serawai (506rumah,637KK,2.457jiwa), desa Buntut ponte (78rumah,105KK,325jiwa), desa Sahbang landan (9rumah,9KK,19jiwa), desa Karya jaya (49rumah,50KK,98jiwa), dan desa mekar sari (98rumah,93KK,245jiwa). Menurur Eko, pihak kecamatan sudah mengambil langkah penanganan terhadap dampak banjir ini, dengan memantau dan mendata terus warga yang terdampak, mendatangi lokasi banjir dan pihak puskesmas juga melakukan pengecekan kesehatan dan meberikan obat bagi warga yang sakit. Pihak pemerintahan kecamatan bersama aparat Polri dari Polsek dan aparat TNI dari Danramil yang ada di wilayah kecamatan serawai terus melakukan monitoring, dan sudah kita laporkan juga ke pihak pemerintah kabupaten sintang, ungkpanya.
Wakil Bupati Sintang, Melkianus (rabu,5/10/2022) datang ke Serawai mengunjungi korban banjir dan memberikan bantuan dari pihak pemerintah Provinsi kalbar dan Pemda Kab. Suintang. Kedatangan wakil bupati sintang bersama rombongan untuk memberikan motivasi dan semangat kepada para korban banjir, serta untuk memperoleh data yang akurat jika nanti diperlukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi kalbar, tegas Melkianus.
Bernhard Saragih Kepala BPBD Kabupaten Sintang yang ikut dalam rombongan wakil Bupati sintang mengapresiasi atas langkah yang sudah terlebih dahulu dilakukan oleh jajaran Pemerintah Kecamatan Serawai, Polsek Serawai dan Koramil Serawai dalam menangani bencana banjir di Nanga Serawai ini. Menurut Bernhard Saragih sudah 3 tahun berturut-turut, kecamatan Serawai selalu mengalami bencana banjir besar seperti ini. Kami menghimbau kepada seluruh warga agar selalu waspada dan menjaga keselamatan jiwanya,ungkapnya.
Dampak dari Banjir yang terjadi Di kecamatan Serawai diawal bulan oktober 2022 ini mengakibatkan akitiftas ekonomi lumpuh, genangan air cukup tinggi di kawasan pasar, fasilitas umum seperti tempat ibadah dan sekolah juga terdampak banjir, sementara itu ribuan rumah penduduk juga terkena tergenang.
Menurut Penjabat Sekretaris Kecamatan Serawai Kornelius Ngawan, S.Ag mengungkapkan, bahwa banjir yang terjadi kali ini sama dengan banjir pada bulan yang sama di tahun 2021 lalu, tegasnya. (*ve*)